Rabu, 23 Juli 2008

Internet? apa sih yang gak ada??

Jaman sekarang hampir semua umat manusia mengenal internet, sebagian hanya tahu definisinya, sebagian menikmatinya untuk kesenangan dan sebagian lagi memanfaatkannya sebagai sumber bisnis menggiurkan. Peluang mengeruk uang dari internet sudah pasti membuat liur Anda menetes tiada henti! why? sebab ada jutaan akses untuk mencetak uang hanya dengan memanfaatkan media internet.

Jangan heran jika Larry Page & Sergey Brin, sang founder google menjadi multi milyuner hanya dengan modal search engine yang kini terpopuler sejagat maya. Meskipun memang pada awal-awal eksisnya google.com pada tahun 1996 hanya beroperasi di ruang garasi yang sempit dan kini kantor mereka telah menjelma menjadi gedung yang mewah dan berkelas di :1600 Amphitheatre ParkwayMountain View, California 94043.

Untuk urusan ketenagakerjaan, sepertinya google Inc bener-bener concern sama kenyamanan kerja karyawannya. CEO google Inc. memang bener memahami bahwa insan2 yang bergelut di dunia cyber adalah pribadi yang free, independent dan unik, tentu diperlukan pendekatan khusus agar mereka betah bekerja dan memberikan kontribusi yang tak sedikit kepada google.Inc. Maka jangan heran jika setiap karyawan google Inc dapat menikmati fasilitas bilyar, main motor mini di koridor kantor bahkan renang di kolam mini bro!

Coba deh bandingin sama perusahaan di indonesia!! jauhhh!! makanya orang Indonesia cenderung memanfaatkan kesempatan dengan korupsi, apalagi yang kerja jadi pegawai negeri! tapi kalo pegawai swasta paling banter juga korupsi waktu! itupun gak banyak, 5 menit doang! hehehe...

Nih illustrasi kantor google Inc, karyawannya terlihat happy, fasilitas memadai trus kesejahteraan yang menunjang pula! kurang apa coba??







Internet telah menjelma sebagai "magic word" di dunia ini. Anda tak perlu sekolah di Griffindor seperti Harry Potter untuk dapat menguasai trik sulap kartu. Karena dengan mudahnya internet akan membagi database trik sulap termodern yang dimilikinya untuk Anda dan jutaan orang di penjuru dunia. Anda hanya perlu online lalu klik search engine google, masukkan key word "card magic trick" tekan enter, tunggu beberapa saat (tergantung bandwidth) dan ribuan link homepage terpampang di monitor Anda dan dalam hitungan menit Anda telah membaca panduan menjadi pesulap modern plus beberapa trik sulap tercanggih yang dapat menjadi modal Anda untuk mencari nafkah (jadi badut ultah anak2?), why not? badut yang pandai main sulap cukup sulit ditemukan di negeri ini. See? dengan mengakses internet kini Anda menjadi the most qualified clown in Indonesia! cool...
Atau jika dengan berinternet Anda telah telah menemukan trik sulap kartu yang paling bagus dan menguasainya untuk kepentingan just for fun, it's does'nt matter, karena suatu saat Anda dapat memperagakan kelihaian Anda bersulap kartu saat reuni SMA dan membuat para gadis terpesona termasuk gadis yang pernah Anda incar sejak 8 tahun yang lalu! hebat kan?


Berselancar dengan internet memang sangat berbeda dengan berselancar di ombak laut, meskipun keduanya sama-sama menyenangkan dan keduanya juga perlu keterampilan. yaitu keterampilan menjaga keseimbangan. Beselancar di laut Anda perlu keseimbangan untuk tetap dapat berdiri di papan surfing, sedangkan berselancar di internet yang Anda butuhkan adalah keseimbangan mengatur waktu yang Anda miliki agar aktifitas formal tidak keteteran.
Tak ada yang menyangkal bahwa siapa saja yang pertama kali berinternet, beberapa saat kemudian pasti akan meluangkan waktu untuk kembali berinternet. Memang internet mampu membius siapapun to get addicted with it. Jika menemukan trik sulap is such a fun, maka ada beribu-ribu such a fun-such a fun lainnya yang jauh lebih fun! dan coba tebak apa yang paling banyak dicari browser saat mereka sedang online? yes, correct! it's pornography!!




Untuk mendapatkan foto wanita super seksi seperti ini, Anda bagaikan mencari gajah di kebun binatang surabaya alias super gampang a.k.a very very easy. Bahkan untuk menemukan pose yang lebih menantang dari ini bukan suatu yang rumit buat internet (untuk urusan ini sepertinya Anda lebih paham daripada saya?) hekekekekek...

Banyak orang berkata bahwa mendapatkan pekerjaan impian di jaman BBM langka dan mahal ini bagaikan mencari jarum di kandang macan kebon binatang surabaya, it's non sense alias mustahil (lagipula buat apa macan bawa-bawa jarum?buat nyantet pawangnya???).
Eitsss, jangan salah dulu, itukan omongan orang yang hopeless dan gaptek. Maka betapa beruntungnya Anda yang telah mampu memanfaatkan internet, karena jika saat ini Anda masih jobless maka peluang Anda mendapatkan pekerjaan bergaji tinggi adalah 1000% lebih tinggi daripada para pengangguran yang buta internet.

Kini semakin banyak situs internet yang fokus menjadi headhunter, mereka dapat diandalkan untuk mengurangi Angka pengangguran di negeri ini. Salah satunya adalah


www.jobsbd.com yang kini telah menjadi the most massive headhunter in Asia! Ribuan perusahaan memasang iklan lowongan kerja di situs terkenal ini, tentunya karena kecanggihan teknologi, server yang joss dan database mumpuni yang disediakan www.jobsbd.com, membuat departemen HRD perusahaan harus merogoh kocek tidak sedikit untuk dapat menampilkan vacancy adv di www.jobsbd.com.

Bisa Anda bayangkan ada berapa digit di saldo rekening si pendiri

www.jobsbd.com? mungkin lebih dari 6? yahh..sama dong dengan saldo tabungan saya? wekss! ternyata dia pake USD kalo saya mah pake Rupiah mas!

Ya sudah gak perlu iri, rejeki orang kan sudah masing-masing! tapi tahukah Anda bahwa sepanjang perjalanan karir saya, tak pernah jauh-jauh dari Internet. Seperti saat pertama kali saya mendapatkan pekerjaan sebagai junior web desainer di Bali, gara-garanya juga karena saya getol kirim email ke senior kampus yang telah duluan kerja di kantor web development, trus saya dikenalin sama ownernya yang orang USA, and then saya pun kerja disana selama 3 bulan. Why cuma 3 bulan? karena kantor web development tersebut keburu kolaps jack!


Trus saya dapat pekerjaan pengganti di biro Advertising di Bali, tapi yang ini bukan berkat internet tapi dari iklan lowongan kerja di koran Bali Pos. Bertahan 2 tahun sampe akhirnya saya kembali ke Malang. Di kota kelahiran saya menghabiskan waktu 4 bulan kerja di jasa setting desain grafis hingga akhirnya saya hijrah ke Surabaya karena dapet panggilan kerja sebagai desainer grafis di suatu kantor penerbit majalah komunitas surabaya barat. Saya juga tidak butuh waktu lama bekerja di kantor ini, terhitung 6 bulan sebelum akhirnya saya memilih resign.

Saya balik lagi ke Malang...sempat vakum 5 bulan, hingga akhirnya saya buka kotak email saya, terhitung 6 bulan sejak pertama kali daftar di jobsdb, saya tak pernah membuka kotak email saya, dan seperti yang Anda pikirkan, kotak email saya penuh dengan kiriman newsletter dari jobsdb.com. Saya buka satu per satu setiap iklan lowongan kerja, karena sebelumnya saya telah menetapkan spesifikasi desain grafis untuk posisi pilihan, maka setiap iklan lowongan yang tampil adalah untuk posisi tersebut. Ada beberapa perusahaan bonafit yang membuka lowongan desainer grafis, saya kirimkan lamaran via email tapi setelah hampir 3 minggu tak satupun ada tanggapan. Lalu di suatu sore saya dihubungi seseorang melalui handphone adik saya, waktu itu hp saya sudah terjual :( ... suara dari seberang mengatakan bahwa saya diminta hadir dalam interview kandidat desainer grafis.

Setelah 5 bulan jadi pengangguran, menerima panggilan interview seperti itu bagaikan menemukan peti yang tergembok dan kita tak tahu isinya, bisa saja peti itu berisi uang emas atau sertifikat pemilikan tanah seluas 1000 hektar?kita takkan pernah tahu sebelum membukanya. untuk dapat membuka peti itu tentu kita membutuhkan kunci yang cocok dengan gemboknya. Dan dapat Anda tebak bahwa selama ini ternyata kunci itu ada dalam saku kemeja saya. Dengan kegigihan plus kesabaran serta sedikit ketelitian saya berusaha membuka peti itu. Setelah berhasil terbuka....ya! saya mendapatkan surat Keputusan bahwa saya diterima bekerja sebagai staff promosi di perusahaan trading furniture di Surabaya.

Ada banyak kenangan berharga yang pernah saya alami di perusahaan furniture ini, ada masa-masa saya dalam kondisi superaktif dan produktif, namun ada masanya saya mengalami jenuh dan kebuntuan ide. Bahkan dalam urusan asmara saya juga memiliki kenangan super ekstrim di perusahaan ini. Tapi kenangan cinta ini ternyata hanya tinggal kenangan dan hanya sebagai bagian dari masa lalu saya. (dari kisah cinta super ekstrim inilah saya terinspirasi menulis Destiny).

Saya bekerja selama 3 tahun di perusahaan furniture ini. Setahun sebelumnya saya telah menapak satu fase lagi dari kehidupan manusia yaitu menikah dan berumah tangga. Coba Anda kembali menebaknya, kira-kira bagaimana saya bertemu istri saya? yes! you're absolutely alright! Saya bertemu dengan Tutut di MiRC "The Most Effective Chatting Media". Sangat sensasional saya kira. Tapi saya sangat yakin bahwa selain saya, masih ada jutaan orang yang menemukan pasangan hidupnya dari internet. So? what the Internet can't do for you?



Sebelas bulan setelah menikah, kehidupan saya berlanjut menapaki satu fase lebih tinggi, yaitu menjadi seorang ayah dari bayi laki-laki yang lucu dan sehat. Saya memberi dia nama Yonas Satyatma Suwono. Yonas adalah nama lain dari nabi Yunus, Satyatma memiliki arti Kecerdasan yang tulus, sedangkan Suwono adalah nama belakang saya yang memiliki arti hutan ilmu pengetahuan. Sehingga nama anak pertama saya adalah wujud doa saya agar kelak dia menjadi pemimpin yang cerdas dan berhati tulus.

Mungkin beberapa orang jawa yang feodal akan berpendapat bahwa nama anak saya terlalu tinggi alias "Kabotan Jeneng" seperti nama saya yang juga memiliki arti terlalu tinggi. Tapi jika saya mampu menyandang nama Joko Suwono, maka nama itu sebenarnya telah menjelma dalam diri saya. Mau tau buktinya? Joko berarti Pemuda atau bisa berarti pula awet muda, uniknya memang hampir semua orang yang bernama Joko pasti terlihat 5 tahun lebih muda dari umur sebenarnya (ini terbukti pada saya...hekekekekk.. narsis!). Suwono memiliki arti hutan ilmu pengetahuan (bukannya sombong sih, meskipun saya tidak cerdas-cerdas amat tapi saya juga tidak bodoh-bodoh amat??standar dong??)

Well jika Anda tidak percaya silakan cek di search engine google, lalu ketik key word "makna nama" maka akan muncul ratusan link yang dapat Anda akses. Jika Anda telah menemukan situs yang sesuai, kini tinggal Anda ketik Joko Suwono maka informasi yang tertera akan sama seperti yang saya kemukakan diatas (Anda pasti berpikir...siapa loe? situ oke?!)

Back to my career background!.. Sebulan setelah kelahiran Yonas, saya mendapat tuntutan keluarga untuk ikut merawat Yonas, apalagi jagoan kecil saya ini masih terlalu rentan terhadap penyakit, dalam sebulan saja Yonas sudah harus diperiksa ke dokter spesialis anak karena nafasnya yang berat...belum lagi frekuensi ngompolnya yang tinggi. Yonas memang peminum ASI yang kuat dan untungnya sang mama tak ada masalah dengan produksi ASi-nya. Bagus deh!

Capek juga merawat bayi, setiap saat saya dan istri terbangun di tengah malam karena Yonas ngebet nenen. Tapi emang ASI bagus banget buat perkembangannya. Sekarang umurnya sudah 2 bulan dan beratnya sudah 7kg! nafasnya yang berat juga sudah kembali normal.Yonas memang membutuhkan perhatian ekstra dan itulah yang membuat saya memutuskan resign dari Perusahaan Furniture setelah saya menjadi karyawan tetap selama 3 tahun.

Banyak rekan-rekan saya yang menganggap saya ceroboh dalam mengambil keputusan, apalagi ini menyangkut sumber nafkah. Tapi saya berpikir inilah hal terbaik bagi saya. 3 Tahun menetap di surabaya yang super polusi bukan perkara yang mudah, sejujurnya itu sangat membuat saya jenuh, mematikan kreatifitas saya. Saya pikir dengan pulang ke kampung istri dan merawat Yonas adalah rekreasi paling berharga dan mampu memulihkan kepenatan saya. Anda pernah merasakan tubuh Anda sangat lelah, tapi hati tetap bahagia??itulah yang saya rasakan saat ini.

My Child is Miracle!

Internet memang serba bisa, dia bisa memberikan kesenangan, dia bisa memberikan Anda pekerjaan dan bahkan internet juga mampu mempertemukan Anda dengan sosok yang dapat Anda cintai dan menjadi pasangan hidup Anda! tapi saya berani menjamin inilah satu-satunya yang tidak dapat Internet berikan kepada Anda, yaitu cinta Anda kepada anak kandung yang telah hadir di dunia ini dan memberikan kebahagiaan sempurna buat Anda...(meskipun internet turut ambil bagian sih...)

**NB: Buat yang masih lajang, buruan cari jodoh! temukan pasangan hidupmu di internet. Jodoh memang di tangan Tuhan, tapi Dia memberikanmu berjuta cara untuk menemukan jodohmu, salah satunya dengan...

Internet!

kalo sudah married, gak perlu menunda kehamilan deh, kehadiran seorang anak dari darah dagingmu sendiri akan memberikanmu kebahagiaan paling sempurna, percaya deh!


1 komentar: