Senin, 26 Januari 2009

Karikatur : Kado yang Efektif!



(ABS) Asal Boz Senang! Masih ingat dengan akronim itu? Begitulah! bagi anda yang menjadi bagian dari generasi akhir 90'an pasti sudah sangat akrab mendengar istilah Asal Boz Senang, istilah yang menggambarkan kesetiaan seorang bawahan hingga bersedia melakukan apapun asalkan membuat senang hati atasan. Boleh jadi istilah ini dimuati sindiran sarkasme kepada seorang penjilat.

Tapi apakah demikian dunia atasan dan bawahan?ada sisi kelam yang melibatkan atasan dan bawahan dan ini tidak sekedar terjadi di dunia kerja, melainkan juga di dunia pendidikan. Maka tak heran jika ada mahasiswi yang bersedia "kencan" dengan bapak dosen asalkan mendapatkan ipk 3 keatas atau siswa laki-laki yang bersedia membawakan buku-buku tebal ibu guru agar dapat terlihat sebagai siswa teladan.

Berlebihan?hiperbola?itu sudah pasti, tapi itulah kenyataan yang terjadi tidak saja pada tahun 90'an tapi juga masih terjadi hingga tahun 2009. Lalu apa hubungannya dengan artikel Karikatur : Kado yang Efektif??...

Tentu ada hubungannya, meskipun dihubung-hubungkan!hehehehe...Begini, yang mau saya katakan adalah sebenarnya kita tidak perlu melakukan hal-hal yang berlebihan jika hanya ingin membuat Boz senang. Ada banyak cara sederhana namun efektif untuk mengambil hati sang Boz. Salah satunya adalah dengan membuatkan karikatur wajah Boz tersebut, terserah kita mau membuat sendiri atau memesan kepada tukang karikatur handal (tukang karikatur handal sih sudah masang tarif tinggi, sudah tidak bisa disebut cara sederhana lagi).

Di jaman yang sudah serba komputer ini , rasa-rasanya cukup menggelikan jika masih ada orang yang tidak tau komputer grafis (setidaknya mengerti kalo photoshop bisa untuk memutihkan kulit muka). Kini karikatur juga sudah banyak dibuat dengan komputer, derajat kemiripan sih sangat tergantung keahlian Anda mengoperasikan komputer grafis.

Berikut ini adalah karikatur saya untuk orang-orang penting di Finna Golf, setiap karikatur membutuhkan waktu 1 jam untuk menggambar di komputer dan beberapa jam untuk mencetak digital printing ukuran A2 dan pemasangan di frame yang representatif. Anda tau apa reaksi mereka? semuanya bereaksi senang dan mengatakan bahwa karikatur adalah hadiah paling unik yang pernah diterima.






Kalau ada yang bilang bahwa karikatur hasil komputer adalah karya yang tidak otentik itu terserah penilaian masing-masing, yang pasti saya sudah berhasil membuat boz senang tanpa perlu berbuat "macam-macam".

8 komentar:

  1. He he he hew saya kira gambar sendiri...

    Tapi cukup kreatif kok...

    Itu juga memerlukan tanaga buat jadiin karya yang bagus kan...

    Semangatz...\


    Salam Bocahbancar..

    BalasHapus
  2. hmm, itu dah ada software nya atau??
    mau dunk ....

    http://firman.web.id

    BalasHapus
  3. Mending gitu mas daipada harus "jilat-jilat" didepan bos...
    Salam kenal dari Probolinggo.

    BalasHapus
  4. Wah, bagus sekali karikaturnya, Mas Joko.
    Terlebih lagi dengan detail atribut masing-masing orang yang sepertinya sesuai dengan kepribadian atau ciri khas orang tersebut..

    Salam,
    Bugiakso

    BalasHapus
  5. keep kreative bro

    eh kerja di finna ya
    saya dulu waktu masih SMA kalao berangkat selalu nyebrang sana lho

    oia kenal blogger pasuruan yang lainyya ndak?
    soale baru sekarang sayah nemuin blogger lain di pasuruan selain pak sumintar.com, sebenere dulu ada satu tapi ndak jelas orang/admin'e

    salam kenal
    Eros

    BalasHapus
  6. Wah keren, mau donkssssssss satu heuheu
    Thanks for visiting my home :)

    BalasHapus
  7. kok g di jelaskan sekalian cara buat kalikaturnya??

    BalasHapus