Selasa, 13 Januari 2009

Yoyo Nambah Gede!



Musim hujan seperti ini membuat kita mudah sekali terserang penyakit musiman seperti influenza, batuk dan diare. Orang dewasa aja masih rentan dengan penyakit semacam itu apalagi buat bayi yang sistem imunitasnya belum sempurna, jika sanitasi rumah tidak diperhatikan pasti bayi akan semakin mudah terserang influenza, batuk atau diare. Seperti yang juga dialami anakku yang akhir-akhir ini makin mudah demam, diare, batuk sampai influenza.

Kasihan Yoyo karena tidak dapat lancar bernapas karena hidungnya tersumbat, belum lagi lendir yang menyumbat tenggorokannya membuat nafasnya berbunyi "grokk..grokk". Makanya Yoyo jadi sering rewel karena merasa tidak nyaman dengan kondisi tubuhnya. Sebenarnya usaha pengobatan sudah dilakukan sejak gejala influenza terdeteksi, selalu ada parasetamol dosis bayi yang dapat diberikan kepada Yoyo, tapi mungkin karena virus influenza yang lebih kuat maka pengobatan tersebut hanya sedikit membantu.


Karena ketidaknyamanan itulah yang membuat Yoyo malas makan dan hanya mau minum susu, jika pada saat sehat porsi susu Yoyo 8 botol per hari maka saat ini Yoyo maunya minum susu 12 botol per hari. Inilah yang membuat aku khawatir, jika porsi minum susu ini dijadikan kebiasaan dapat dipastikan Yoyo akan semakin malas makan makanan padat. Inilah yang ditakutkan para orang tua saat balita hanya mau minum susu tapi tidak ada nafsu untuk makanan padat. Padahal ada banyak kandungan gizi pada makanan padat yang tidak didapat pada susu.

Kemarin di bulan Januari 2009 pada saat ke posyandu, dalam waktu sebulan saja bobot yoyo menjadi 9,6 kg turun 1 kg dari bobot sebelumnya, aku cukup khawatir dengan penurunan berat badan Yoyo tapi untungnya grafik pertumbuhan menunjukkan bobot sangat normal. bidan menyatakan bahwa penurunan bobot bayi di usia 7 bulanan sangat normal terjadi karena hal itu dapat membantu bayi semakin aktif bergerak sehingga bayi yang tadinya hanya bisa tengkurap menjadi semakin pintar menggerakkan badannya, kemudian merangkak, belajar berdiri hingga akhirnya belajar berjalan. Jika bobot bayi semakin naik maka pastinya perkembangan mobilitasnya akan terlambat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar